Struktur
Komputer didefinisikan sebagai cara-cara dari tiap-tiap komponen yang menyusun
computer saling berkaitan, komponen-komponen disusun dengan alur-alur bus yang
mengalirkan data, alat dan mengendalikan antar komponen tersebut.
Struktur
computer terdiri
Suatu sistem komputer terdiri dari
lima unit struktur dasar, yaitu:
- Unit masukan (Input Unit)
- Unit kontrol (Control Unit)
- Unit logika dan aritmatika (Arithmetic & Logical Unit / ALU)
- Unit memori/penyimpanan (Memory / Storage Unit)
- Unit keluaran (Output Unit)
Control Unit dan ALU membentuk suatu unit
tersendiri yang disebut Central Processing Unit (CPU). Hubungan antar
masing-masing unit yang membentuk suatu sistem komputer dapat dilihat pada
gambar berikut:
Data diterima melalui Input Device
dan dikirim ke Memory. Di dalam Memory data disimpan dan selanjutnya diproses
di ALU. Hasil proses disimpan kembali ke Memory sebelum dikeluarkan melalui
Output Device. Kendali dan koordinasi terhadap sistem ini dilakukan oleh
Control Unit. Secara ringkas prinsip kerja komputer adalah Input – Proses –
Output, yang dikenal dengan singkatan IPO.
Fungsi Utama dari masing-masing Unit
akan dijelaskan berikut ini:
A. Unit Masukan (Input Unit)
Berfungsi
untuk menerima masukan (input) kemudian membacanya dan diteruskan ke
Memory / penyimpanan. Dalam hubungan ini dikenal istilah peralatan masukan (input
device) yaitu alat penerima dan pembaca masukan serta media masukan yaitu
perantaranya. Berikut beberapa alat contoh uniti masukan :
· Keyboard,
merupakan peranti masukan yang terdiri dari kumpulan huruf, angka dan karakter
khusus. Keyboard juga memberikan kemudahan bagi user untuk memberikan perintah
yang diperlukan apabila menekan kombinasi antara karakter yang ada pada
keyboard dengan tombol-tombol tertentu.
· Mouse,
Peranti masukan dengan bentuk seperti tikus ini berfungsi untuk memindahkan
pointer atau kursor secara cepat.
· Scanner,
berfungsi untuk menyalin (copy) file atau dokumen baik berupa teks atau gambar
menjadi teks atau gambar digital.
· Floopy
Disk Drive, adalah alat untuk menulis, membaca data, dan merekam data.
· CD-ROM (
Compact Disc-Read Only Memory), adalah alat untuk membaca CD (Compact Disc)
atau VCD (Video Compact Disk) pada komputer.
·
CD-RW (Compact Disk-Read and Write), yaitu alat sertupa CD-ROM namun
selain dapat membaca CD, dapat juga merekam data ke CD.
· DVD-ROM
(Digital Video Disc-Read Only Memory) adalah alat untuk membaca CD, VCD, atau
DVD pada komputer.
· DVD RW
(Digital Video Disc-Read and Write), yaitu alat seperti DVD-ROM namun selain
dapat membaca CD, VCD dan DVD, dapat juga merekam data pada keping DVD.
· Touchpad,
biasanya terdapat pada notebook. Memiliki fungsi yang sama dengan mouse namun
dalam penggunaannya hanya cukup dengan memberikan sentuhan jari.
· Joystick,
merupakan alat yang biasa digunakan pada permainan (games) komputer
· Light pen,
yaitu pointer elektronik untuk memodifikasi dan mendesain gambar dengan screen
(monitor).
· Barcode,
berfungsi untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak atau garis-garis
vertikal tipis dan tebal yang selanjutnya diterjemahkan dalam bentuk
angka-angka. Biasanya kode barcode ini ditemukan pada kemasan makanan, minuman,
buku, alat elektronik serta produk-produk. Biasanya barcode ini memudahkan
kasir yang ada di toko swalayan atau departemen store untuk mengidentifikasi
suatu barang yang dibeli.
· Kamera
digital, merupakan kamera modern yang telah dimodifikasi sehingga
tidakmemerlukan roll film. Kamera ini dapat langsung dihubungkan dengan
komputer melalui kabel data, sehingga memudahkan user untuk mentransfer data
baik berupa image (gambar) digital ataupun video.
· Voice
input, adalah alat yang berfungsi merubah suara sehingga terekam ke dalam
komputer menjadi suara digital.
· Graphics
pads, Merupakan suatu peranti yang dapat digunakan untuk menggambar suatu objek
pada monitor.
B. Unit Kontrol (Control Unit)
Berfungsi untuk
melaksanakan tugas pengawasan dan pengendalian seluruh sistem komputer. Ia
berfungsi seperti pengatur rumah tangga komputer, memutuskan urutan operasi
untuk seluruh sistem, membangkitkan dan mengendalikan sinyal-sinyal kontrol
untuk menyesuaikan operasi-operasi dan arus data dari bus alamat (address
bus) dan bus data (data bus), serta mengendalikan dan menafsirkan
sinyal-sinyal kontrol pada bus kontrol (control bus) dari sistem
komputer. Pengertian mengenai bus dapat dilihat di bagian bawah halaman ini.
Control Unit juga bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada
pada sistem komputer. Control unit mengatur kapan alat input menerima data dan
kapan data diolah serta kapan ditampilkan pada alat output. Control Unit
mengartikan instruksi-instruksi dari program komputer, membawa data dari alat
input ke main memory, mengambil data dari main memory untuk diolah. Bila ada
instruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika, control unit
mengirim instruksi tersebut ke aritmetic and logic unit. Hasil dari pengolahan
data ini dibawa oleh control unit ke main memory lagi untuk disimpan.
Jadi tugas dari control unit adalah :
Jadi tugas dari control unit adalah :
1. mengatur
dan mengendalikan alat-alat input dan output
2. mengambil
instruksi-instruksi dari main memory
3. mengambil
data dari main memory kalau diperlukan oleh proses
4. mengirim
instruksi ke aritmaetic and logic unit bila perhitungan aritmatik atau
perbandingan logika serta mengawasi kerja aritmatik dan logika
5. menyimpan
hasil proses ke main memory
C. Unit Logika & Aritmatika (Arithmetical & Logical Unit)
ALU
merupakan bagian inti dari suatu sistem komputer. Arithmetic And Logic Unit
(ALU) Tugas utama dari ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatik atau
matematika yang terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU melaukan operasi
aritmatik dengan dasar pertambahan, sedang operasi aritmatik yang lainnya
seperti pengurangan, perkalian dan pembagian dilakukan dengan dasar
penjumlahan. Sehingga sirkuit elektronik di ALU yang digunakan untuk
melaksanakan operasi aritmatik ini disebut adder.
Tugas lain ALU adalah melakukan keputusan dari operasi logika sesuai dengan instruksi program. Operasi logika meliputi perbandingan dua buah elemen logika dengan menggunakan operator logika, yaitu =, <>, <, >, <+, >=. ALU juga sering disebut mesin bahasa karena ALU terdiri dari dua bagian, yaitu unit aritmetika dan unit logika boolean yang masing-masing memiliki spesifikasi tugas tersendiri.
Tugas lain ALU adalah melakukan keputusan dari operasi logika sesuai dengan instruksi program. Operasi logika meliputi perbandingan dua buah elemen logika dengan menggunakan operator logika, yaitu =, <>, <, >, <+, >=. ALU juga sering disebut mesin bahasa karena ALU terdiri dari dua bagian, yaitu unit aritmetika dan unit logika boolean yang masing-masing memiliki spesifikasi tugas tersendiri.
a. Fungsi
Aritmatika pada sebuah ALU
Ada banyak
jenis angka yang berbeda dan untuk setiap jenis angka yang berbeda tersebut ada
perbedaan cara untuk mewakili angka di dalam sistem computer. Berbagai
jenis data yang berbeda biasanya mencakup bilangan bulat, bilangan real, dan
bilangan desimal berkode-biner. Pada umumnya, data digambarkan dalam notasi sign-magnitude,
one’s complememnt atau two’s complement. Karena itu logika ALU
untuk proses tertentu merupakan fungsi dari jenis angka yang sedang diproses
dan bagaimana mereka direpresentasikan. Jika bilangan bulat digambarkan dalam
notasi sign-magnitude, maka penambahan pertama-tama dikerjakan dengan
memeriksa sign bit dan kemudian menambah atau mengurangi angka, tergantung pada
magnitude relatifnya.
b. Fungsi
logika pada sebuah ALU
Dibandingkan
fungsi aritmatika, fungsi logika pada ALU lebih sederhana. Untuk segala operasi
logika yang ingin diterapkan, hanya perlu memuat sejumlah n gerbang
logika tertentu untuk operasi tersebut (satu untuk setiap pasangan bit input).
Kesederhanaan fungsi logika ini disebabkan oleh tidak adanya sinyal lateral carry-borrow
seperti yang dibutuhkan pada fungsi aritmatika. Semua operasi logika secara
ketat dijalankan pada posisi bit tunggal dengan tidak menggunakan informasi
dari posisi bit sebelumnya atau pengiriman informasi apapun ke posisi bit
berikutnya.
ALU dapat
diset untuk menangani berapapun jumlah operasi-mikro logika. Empat
operasi logika dasar biasanya adalah AND, OR, NOR, dan XOR sedangkan operasi
logika lainnya yang tidak tercakup secara eksplisit dapat diturunkan dari
keempat operasi dasar ini. Tugas utama dari ALU adalah melakukan semua
perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi
program. ALU melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan
sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder. Kebanyakan operasi
komputer dieksekusi dalam unit aritmatika dan logika pada prosesor.
Perhatikanlah suatu contoh umum:
Misalkan dua
bilangan yang berada dalam memori ditambahkan. Bilanga tersebut
dibawa ke prosesor dan penambahan yang
sesungguhnya dilakukan oleh ALU. Jumlahtersebut kemudian disimpan
dalam memori atau tetap dalam prosesor untuk segera digunakanOperasi aritmatika
atau logika yang lain misalnya, perkalian, pembagian, atau perbandingan
bilangan, diawali dengan membawa operan yang diperlukan ke prosesor, di mana
operasi tersebut dilakukan oleh ALU. Pada saat operan dibawa ke prosesor,
operan tersebut disimpan dalam elemen penyimpanan kecepatan tinggi yang
disebut register. Tiap register dapat menyimpan satu word data.
Waktu akses ke register lebih cepat daripada waktu akses ke unit cache tercepat
hierarki memori.
Pada
beberapa sistem komputer untuk memperingan dan membantu tugas ALU dari CPU ini
diberi suatu peralatan tambahan yang disebut coprocessor sehingga
khususnya proses perhitungan serta pelaksanaan pekerjaan pada umumnya menjadi
lebih cepat. Pengertian mengenai coprocessor dapat dilihat di bagian
bawah halaman ini.
D. Unit Memori / Penyimpan (Memory / Storage unit)
Berfungsi
untuk menampung data/program yang diterima dari unit masukan sebelum diolah
oleh CPU dan juga menerima data setelah diolah oleh CPU yang selanjutnya
diteruskan ke unit keluaran. Pada suatu sistem komputer terdapat dua macam
memori, yang penamaannya tergantung pada apakah alat tersebut hanya dapat
membaca atau dapat membaca dan menulis padanya. Bagian memori yang hanya dapat
membaca tanpa bisa menulis padanya disebut ROM (Read Only Memory),
sedangkan bagian memori yang dapat melaksanakan membaca dan menulis disebut RAM
(Random Access Memory).
Memori dalam
komputer dibagi dalam dua bagian yaitu :
1. Memori
Utama
2. Memori
cadangan
6. Memori
Utama (Main Memory)
Merupakan
elemen yang penting dari suatu komputer yang digunakan sebagai penyangga data
dan instruksi program untuk digunakan oleh prosesor.
Fasilitas Penyimpanan
Utama adalah :
a.
operasinya secara keseluruhan bersifat elektronis, operasi sangat cepat dan
handal.
b. Data
hampir bisa diakses secara sekaligus dari memori utama karena operasinya
elektronis dan proksimitasnya mendekati prosesor
c. Data harus
ditransfer ke pntimpan utama sebelum dapat diproses oleh prosesor
Penyimpan
utama digunakan untuk meyimpan semua data yang memrlukan pemrosessan guna
mencapai kecepatan pemrosesan yang maksimum ini disebut memori jangka pendek.
Penyimpanan
utama dapat menyimpan :
a. instruksi
yang menunggu dipatuhi
b. instruksi
yang saat itu sedang dipatuhi
c. data yang
saat itu sedang diproses
d. data yang
menunggu pemrosesan
e. data yang
sedang menunggu dikeluarkan (output)
Akses Random
(direct access)
Proses
menjemput data dari lokasi dalam penyimpanan utama dengan urutan acak dan lama
waktu yang diperlukan tidak tergantung pada posisi dari lokasi tersebut .
Satuan Unit
Data
1. Word
adalah lokasi dalam penyimpanan utama atau penyangga unit data. Pembagian word
dapat berdasarkan Fixed Word-length computer (word machine) dan Variabel word –
length computer. Pada Fixed Word-length computer (word machine) dimana satu
word adalah satu lokasi dalam penyimpanan utama, yakni data ditransfer ke satu
lokasi dalam penyimpanan utama setiap kali, word length adalah jumlah bit dalam
setiap lokasi (word). Pada Variabel word – length computer satu word memiliki
panjang satu lokasi atau beberapa lokasi dan di set (ditetapkan panjangnya)
menurut panjang yang diperlukan pada setiap transfer data. Jenis word lengtha
adalah byte dan character machine, dimana dalam byte setiap lokasi mempunyai 8
bit dan pada character machine setiap lokasi mempunyai panjang 16 bit.
2. Byte
adalah unit-unit yang lebih kecil dari word
Berikut
contoh beberapa cara penyimpanan data pada bebrapa jenis komputer :
1. Komputer
8 bit mikrokomputer
Mempunyai
word length sebesar 8 bit untuk menyangga satu karakter ASCII, satu karakter
BCD, satu karakter EBCDIC, atau dua nilai numeric BCD
2. Komputer
16 bit
Satu lokasi
penyimpanan dapat menyangga dua karakter dan mempuyai fasilitas untuk mengakses
setengah bagian kanan dan bagian kiri dari setiap word secara terpisah guna
menangani karakter secara terpisah.
3. Komputer
32 bit
Mempunyai
keragaman cara untuk mengakses semua atau sebagian dari setiap lokasi memori
Jenis memori
semi konduktor
1. RAM (
Random Access memory)
Digunakan
sebagai memori baca tulis, artinya dapat diisi dan isinya dapat dibaca kembali
Ada 2 macam
RAM :
- SRAM
(Static RAM); dapat tetap menyimpan data selama ada catu daya
- DRAM
(Dynamic RAAM); akan tetap menyimpan data jika data tersebut secara periodic
ditulis kembali dalam sel memory yang bersangkutan 9di refresh)
Beberapa
teknologi DRAM :
Teknologi
|
Keterangan
|
DRAM
Konvensional
|
Merupakan
DRM kuno dan tidak dipergunakan lagi dalam system komputer masa kini
|
Fast Page
Mode (FPM)
DRAM
|
Lebih
cepat dari DRAM biasa, pemakaiannya tidak memerlukan kompatibilitas teknologi
|
Extended
Data Out (EDO) DRAM
|
Lebih
cepat dari FDM, biasanya dipakai pada Pentium dan beberapa system 486
|
Burst
Extended Data Out (BEDO) RAM
|
Merupakan
perbaikan dari EDO RAM, memungkinkan penggunaan bus dengan kecepatan yang
lebih tnggi dari EDO
|
Synchronous
DRAM (SDRAM)
|
Terikat
pada pulsa detak system, mendukung penggunaan bus
|
RAMbus RAM
(RDRAM)
|
Dikembangkan
oleh intel sebagai system memori PC masa depan
|
Video RAM
(VRAM)
|
Merupakan
memori khusus yang digunaka untuk keperluan video monitor
|
2. ROM (Read
Only Memory)
Digunakan
untuk menyimpan urutan instruksi tertentu yang sering digunakan sehingga lebih
efisien jika selalu tersedia di memori. Contoh BIOS (Basic Input Output System)
Beberapa
jenis ROM :
Jenis
|
Keterangan
|
ROM
|
Digunakan
untuk program yang bersifat static (jarang berubah) dan diproduksi masal
|
Programmable
ROM (PROM)
|
Dapat
diprogram dengan menggunakan peralatan khusus dan dilakukan sekali. Pola
datanya tersimpun digabungkan secara permanen ke dalam chip dengan
menggunakan “mask”
|
Erasable
PROM
|
Dapat
diprogram beberapa kali dengan peralatan khusus. Jika ingin menghapus harus
dikeluarkan dari komputer dengan sinar ultra violet.
|
Electrically
Erasable PROM
|
Dapat
diprogram dengan menggunakan perangkat lunak. Dihapus dengan pulsa tegangan
listrik. Diguakan untuk menyimpan BIOS
|
Electrically
Alterable ROM
|
Dapat
dibaca, dihapus dan ditulisi kembali tanpa mengeluarkannya dari komputer.
Proses penghapusan dan penulisannya kembali sangat lambat bila dibandingkan
proses pembacaan yang disebut RMM (Read Mostly Memories)
|
Electrically
Erasable ROM
|
Pada
dasarnya sam dengan EAROM
|
Proses
manufacturing dasar semi konduktor adalah :
a. Teknologi
Bipolar ; mini komputer dan mainframe komputer misal Schottly bipolar dan I2L
(integrated injection logic)
b. Teknologi
MOS; mikrokomputer, misal PMOS, CMOS, SOS, VMOS, HMOS
3. BUS
Data
biasanya ditransfer antara penyimpanan utama dan prosesor melalui perangkat
(bus) yang secara efektif berarti pengirim beberapa (banyak) bit data secara
parallel.
|
MAIN
MEMORY |
PROCESSOR
|
B U S
|
Penyimpanan
utama yang dikoneksikan ke prosesor dengan bus
4. Memory
Cache
Area
penyanggaan temporer untuk data yang sedang diakses berulang-ulang dan untuk
lewat semua data serta instruksi.
|
MAIN
MMORY |
PROCESSOR
|
CACHE
MEMORY
|
Penggunaan
memori cache
7. Memori
Cadangan (backing Storage)
Disediakan untuk
menyimpan program dan file yang besar yakni program-program dan file yang tidak
sedang dioperasikan saat itu, namun akan ditensfer ke penyimpan utama ketika
diperlukan.
Media
Penyimpan Cadangan
1. Unit Disk
Magnetis – disk magnetis
Fasilitas
unit disk tetap (fixed)
a. dapat
menampung sejumlah disk yang tidak bisa dikeluarkan
b. mempunyai
head baca tulis yang mungkin dilokasikan pada ujung/akhir (end) “arms” atau
mungkin melayani setiap track.
c. Mempunyai
motor yang merotasikan drive tersebut pada kecepatan konstan yang tinggi
2. Unit
disket magnetis – disket magnetis (Floppy Disk)
Floppy Disk
disebut disket media penyimpanan pada system mikrokomputer ukuran 8”, 5i/4”,
31/2”
Fasilitas
unit Floppy Disk :
a. unit
sigle drive yang dapat menyangga disk tunggal
b. setiap
disk dimasukkan ke dalam celah sempit yang ada di depan disk drive yang
mempunyai penutup
c. head baca
tulis digerakkan maju mundur disepanjang disk guna membaca data pada permukaan
disk
d. dapat
berotasi pada kecepatan sekitar 360 rpm
Fasilitas
Floppy Disk
a.
disklentur yang secara permanan disegel dalam selubung plastik protektif,
terlkapisi secara tipis dan bersifat keras
b. data
disimpan dalam rack
c. ukuran
yang umum 8”, 5i/4”, 31/2”
d. kapasitas
penyimpanan berjangkauan 60.000 – 11/4 juta byte
Fungsi
Floppy Disk ;
a. media
untuk menyimpan software
b. media
untuk tempat dikumpulkannya dan dimasukkannya data yang akan diteranfer atau
diinput pada system lain
c. sebagai
media backup untuk harddisk kecil
3. Unit Disk
Optis – disk optis
Menggunakan
laser untuk menulis atau membaca data
Ada 3 jenis
pokok Disk Optis
a. CD – ROM
(Compact Disk Read Only Memory)
Dapat
menyangga sekitar 55 MB data, kecepatan aksesnya cenderung lamban dari pada
disk magnetis. Digunakan untuk menyediakan pekerjaan referensi, katalog,
directory, ensiklopedia, softaware, deskripsi font, tampilan grafik dan suara.
b. WORM
(Write Once Read Memory)
Datanya
dituliskan ke dalam disk dengan cara menanamkan pola permanen ke dalam
permukaan disk tersebut dengan menggunakan sinar laser berkecepatan tinggi,
bersifat exchangeable (dapat diubah). Mempunyai permukaan sebear 40.000 track
yang masing-masing dibagi menjadi 25 sektor dan kapasitasnya sekitar 16 MBV.
Penggunaan untuk system yang dirancang untuk mengarsip jumlah data yang besar
dan ditempatlan secara on-line.
c. EO
(Erasable Optical)
Datanya
dituliskan ke dalam disk dengan cara panas laser menyorot pada permukaan disk
yang terbuat dari campuran logam. Kapasitas sekitar 650 MB.
E. Unit Keluaran (Output Unit)
Berfungsi
untuk menerima hasil pengolahan data dari CPU melalui memori. Seperti halnya
pada unit masukan maka pada unit keluaran dikenal juga istilah peralatan
keluaran (Output device) dan media keluaran (Output media).
Unit
keluaran adalah alat untuk menampilkan hasil pengolahan yang dilakukan oleh
CPU. Dalam teori kontrol, output dari suatu sistem adalah apa yang dapat diukur.
Specifically, outputs are differentiated from states . Spesifik, output dibedakan dari negara.
Dalam rekayasa keluaran istilah dapat merujuk kepada:
1. The power or work output of a machine. The power atau bekerja output dari mesin.
2. An
observable output, such as distance moved or velocity , of a mechanical system. Sebuah diamati
keluaran, seperti jarak dipindahkan atau kecepatan, dari sistem mekanis.
Dalam interaksi manusia-komputer, output informasi yang
dihasilkan oleh program komputer dan dirasakan oleh pengguna. The kinds of output the program
produces, and the kinds of input the program accepts, define the user interface of the program. Jenis-jenis
program menghasilkan keluaran, dan jenis-jenis input program menerima, menentukan antarmuka pengguna program. In this context, feedback and output are often used
interchangeably. Dalam konteks ini, umpan balik dan keluaran sering digunakan secara
bergantian. However, output tends to refer specifically to explicit output,
something that is intentionally provided for the user, whereas feedback also
encompasses byproducts of operation that happen to contain information (see low-key feedback ). Namun, output cenderung untuk
merujuk pada output eksplisit, sesuatu yang sengaja disediakan untuk user,
sedangkan produk sampingan umpan juga meliputi operasi yang terjadi pada berisi
informasi (lihat kunci rendah umpan balik).
Dalam pengolahan informasi, output adalah proses
transmisi informasi atau informasi yang ditransmisikan itu
sendiri. The output of one process may well form the input for another information processor . Output dari satu proses
mungkin membentuk masukan untuk lain prosesor informasi. Essentially, output is any
data exiting a computer system. Pada dasarnya, output data keluar sistem
komputer. This could be in the form of printed paper, audio, video. Ini bisa
dalam bentuk kertas cetakan, audio, video. In the medical industry this might
include CT scans or x-rays. Dalam industri medis ini mungkin termasuk CT scan
atau x-ray. Typically in computing, data is entered through various forms
(input) into a computer, the data is often manipulated, and then information is
presented to a human (output). Biasanya dalam komputer, data yang dimasukkan
melalui berbagai bentuk (input) ke dalam komputer, data sering dimanipulasi,
dan kemudian informasi yang disajikan kepada manusia (output).
Berapa
alatunit keluaran, di antaranya sebagai berikut :
a. Monitor
Monitor adalah alatr yang berfungsi
menampilkan dua data atau informasi dalam bentuk teks atau grafik. Terdapat
bermacam-macam jenis monitor. jenis yang paling terpopuler, yaitu Cathode
Ray Tube (CRT) yang berbentuk tabung dan Flat Panel / Liquid Crystal
Display (LCD) yang memiliki bentuk permukaan datar sehingga lebih praktis.
b. Printer
Printer
adalah alat untuk mencetak informasi yang dihasilkan oleh komputer.
c. Speaker
Speaker
adalah unit keluaran yang menghasilkan suara. pasang aplikasi pemutar lagu
(misalnya winamp), kemudian dengarkan suara yang keluar dari Speaker komputer
anda.
Daftar Pustaka
http://sharingcompany.blogspot.com/2013/11/makalah-struktur-dasar-komputer.html
Terima Kasih !
0 komentar:
Posting Komentar