ANALISIS SENSITIVITAS
Analisis sensitivitas merupakan analisis yang berkaitan dengan perubahan diskrit parameter untuk melihat berapa besar perubahan dapat ditolerir sebelum solusi optimum mulai kehilangan optimalitasnya. Jika suatu perubahan kecil dalam parameter menyebabkan perubahan drastis dalam solusi, dikatakan bahwa solusi sangat sensitive terhadap nilai parameter tersebut. Sebaliknya, jika perubahan parameter tidak mempunyai pengaruh besar terhadap solusi dikatakan solusi relative insensitive terhadap nilai parameter itu.
Dalam membicarakan analisis sensitivitas, perubahan-perubahan parameter dikelompokan menjadi:
1. Perubahan koefisien fungsi tujuan
2. Perubahan konstan sisi kanan
3. Perubahan batasan atau kendala
4. Penambahan variable baru
5. Penambahan batasan atau kendala baru.
Biaya Tetap dibagi dengan (Pendapatan per unit - Biaya variabel per unit)
Biaya tetap adalah biaya yang harus dibayar atau tidak setiap unit yang dihasilkan. Biaya tersebut "tetap" selama jangka waktu tertentu atau kisaran produksi.
Biaya variabel adalah biaya yang bervariasi secara langsung dengan jumlah produk yang dihasilkan. Misalnya, biaya material yang diperlukan dan tenaga kerja yang digunakan untuk memproduksi unit tidak selalu sama.
Sebagai contoh, misalkan biaya tetap untuk memproduksi 100.000 widget adalah $ 30.000 setahun.
Biaya variabel adalah bahan $ 2,20, $ 4,00 kerja, dan overhead $ 0,80, dengan total sebesar $ 7.00.
Jika Anda memilih harga jual $ 12,00 untuk setiap widget, maka:
$ 30.000 dibagi dengan ($ 12,00-7,00) sama dengan 6000 unit.
Ini adalah jumlah widget yang harus dijual dengan harga jual $ 12,00 sebelum bisnis Anda akan mulai untuk membuat keuntungan.
Analisis sensitivitas merupakan analisis yang berkaitan dengan perubahan diskrit parameter untuk melihat berapa besar perubahan dapat ditolerir sebelum solusi optimum mulai kehilangan optimalitasnya. Jika suatu perubahan kecil dalam parameter menyebabkan perubahan drastis dalam solusi, dikatakan bahwa solusi sangat sensitive terhadap nilai parameter tersebut. Sebaliknya, jika perubahan parameter tidak mempunyai pengaruh besar terhadap solusi dikatakan solusi relative insensitive terhadap nilai parameter itu.
Dalam membicarakan analisis sensitivitas, perubahan-perubahan parameter dikelompokan menjadi:
1. Perubahan koefisien fungsi tujuan
2. Perubahan konstan sisi kanan
3. Perubahan batasan atau kendala
4. Penambahan variable baru
5. Penambahan batasan atau kendala baru.
|
ANALISIS SENSITIVITAS
(SENSITIVITY ANALYSIS)
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Analisis sensitivitas merupakan analisis yang dilakukan untuk mengetahui
akibat dari perubahan parameter-parameter produksi terhadap perubahan kinerja
sistem produksi dalam menghasilkan keuntungan.
|
|
||||
|
Dengan melakukan analisis sensitivitas maka akibat
yang mungkin terjadi dari perubahan-perubahan tersebut dapat diketahui dan
diantisipasi sebelumnya.
|
|
||||
|
Contoh:
- Perubahan biaya produksi dapat mempengaruhi
tingkat kelayakan
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
Alasan dilakukannya analisis sensitivitas adalah
untuk mengantisipasi adanya perubahan-perubahan berikut:
|
|
||||
|
1.
|
Adanya cost overrun, yaitu kenaikan
biaya-biaya, seperti biaya konstruksi, biaya bahan-baku, produksi, dsb.
|
|
|||
|
2.
|
Penurunan produktivitas
|
|
|||
|
3.
|
Mundurnya jadwal pelaksanaan proyek
|
|
|||
|
Setelah melakukan analisis dapat diketahui seberapa
jauh dampak perubahan tersebut terhadap kelayakan proyek: pada tingkat mana
proyek masih layak dilaksanakan.
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
Analisis sensitivitas dilakukan dengan menghitung
IRR, NPV, B/C ratio, dan payback period pada beberapa skenario
perubahan yang mungkin terjadi.
Mudah dilakukan dalam software spreadsheet.
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
PENGERTIAN TITIK IMPAS
Anlisis titik impas atau analisis
break-even point diperlukan untuk mengetahui hubunganantara volume produksi,
volume penjualan, harga jual, biaya produksi, biaya lainnya baik bersifattetap
maupun variable, dan laba atau rugi. Oleh karena itu, analisis titik impas ini
sering di sebutcost-volume-profit analisis. Analisis titik impas hanya di
perlukan bagi perusahaan-perusahaanyang dalam menyelenggarakan oprasinya harus
menanggung beban tetap, yaitu berupa biaya tetapdisamping adanya biaya variable
yang harus ditutup dari hasil penjualan.Analisis titik impas dapat dijadikan
sebagai pengganti untuk meramalkan suatu faktor yangtidak diketahui dalam
membuat keputusan proyek. Jika hampir seluruh pengeluaran diketahui, duavariabel
yang lain yaitu laba dan permintaan, bisa bervariasi. Analisis ini dapat
membantumenentukan aliran kas, tingkat permintaan yang dibutuhkan, serta
kombinasi harga dan permintaanmana yang memperbesar kemungkinan untuk
memperoleh keuntungan.Pada titik impas keseluruhan hasil penjualann, setelah
dikurangi dengan keseluruhan biayavariable, hanya cukup untuk menutup
keseluruhan biaya tetap saja, tidak terdapat sisa yangmerupakan keuntunggan.
Bagian hasil pengurangan biaya
Contribution margin
ini disediakan untuk menutup
biaya tetap. Impas terjadi bila
Contribution margin
sama dengan biaya tetap. Laba
terjadi bila
Contribution margin
lebih kecil dari pada biaya tetap.
Jadi dapat disimpulkan bahwa analisistitiik impas adalah suatu cara yang
digunakan oleh pimpinan perusahaan untuk mengetahui atauuntuk merencanakan pada
volume produksi atau volume penjualan berapakah perusahaan
yang bersangkutan memperoleh keuntungan atau menderita kerugian.
Contoh Analisis Titik Impas :
Biaya tetap adalah biaya yang harus dibayar atau tidak setiap unit yang dihasilkan. Biaya tersebut "tetap" selama jangka waktu tertentu atau kisaran produksi.
Biaya variabel adalah biaya yang bervariasi secara langsung dengan jumlah produk yang dihasilkan. Misalnya, biaya material yang diperlukan dan tenaga kerja yang digunakan untuk memproduksi unit tidak selalu sama.
Sebagai contoh, misalkan biaya tetap untuk memproduksi 100.000 widget adalah $ 30.000 setahun.
Biaya variabel adalah bahan $ 2,20, $ 4,00 kerja, dan overhead $ 0,80, dengan total sebesar $ 7.00.
Jika Anda memilih harga jual $ 12,00 untuk setiap widget, maka:
$ 30.000 dibagi dengan ($ 12,00-7,00) sama dengan 6000 unit.
Ini adalah jumlah widget yang harus dijual dengan harga jual $ 12,00 sebelum bisnis Anda akan mulai untuk membuat keuntungan.
sumber : http://aliffathurrochman12.blogspot.com/2010/01/analisis-sensitivitas.html
http://web.ipb.ac.id/~tepfteta/ekotek/Minggu_14/M14B1.htm
http://www.scribd.com/doc/58239449/Analisis-Titik-Impas
http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://sbinfocanada.about.com/cs/startup/g/breakevenanal.htm
0 komentar:
Posting Komentar